Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

Mewaspadai Berbagai Macam Bahaya Yang Akan Timbul Dari Melakukan Tindakan Operasi Ginjal.

Waspada Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

Alternatif pengobatan penyakit gagal ginjal selain melakukan cuci darah yaitu dengan melakukan tindakan transplantasi ginjal yang melibatkan banyak pihak yang harus terkait. Berikut informasi yang lebih lengkap mengenai tindakan transplantasi ginjal yang pada umumnya sering dilakukan oleh masyarakat.

Pernahkah anda mendengar apa itu transplantasi ginjal?

Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal .- Transplantasi merupakan kata serapan dari bahasa inggris to transplant yang berarti memindahkan salah satu organ tubuh dari tubuh seseorang ke tubuh orang lain yang membutuhkan. Soekidjo Notoatmodjo menyatakan bahwa transplantasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh ahli medis untuk mengganti salah satu organ yang mengalami kerusakan dan ditujukan sebagai upaya untuk memberikan pertolongan dengan harapan bisa menyembuhkan.

Dari pengertian transplantasi diatas bisa diambil kesimpulan bahwa transplantasi ginjal merupakan suatu tindakan dari ahli medis dalam rangka menyelamatkan dan menyembuhkan penderita gagal ginjal dengan melakukan pencangkokan atau pemindahan organ ginjal dari tubuh seorang pendonor kedalam tubuh pasien pada posisi yang seharusnya.

Berikut Beberapa Dampak Buruk Dari Tindakan Transplantasi Ginjal Yang Sering Terjadi Pada Pendonor Maupun Penerima

  • Tubuh menjadi lemas saat melakukan altivitas

Dampak pertama dari melakukan tindakan transplantasi ginjal yaitu membuat tubuh pendonor atau pasien penerima ginjal menjadi lemas ketika beraktivitas. Hal ini dikarenakan mereka hanya memiliki satu organ ginjal yang aktif dalam tubuhnya. Sehingga, pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh dua organ ginjal akan dilakukan dengan satu ginjal yang mengakibatkan ginjal tersebut merasa kewalahan dalam mengerjakan fungsinya sebagai penyaring sel darah dan fungsi lainnya.

  • Terjadi pendarahan yang hebat dan infeksi ginjal

Pendarahan merupakan gejala yang biasa terjadi pada seseorang yang baru saja melakukan suatu tindakan operasi. Selain itu, infeksi ginjal yang terjadi merupakan akibat dari ketidakmampuan tubuh pasien dalam menyembuhkan luka pasca operasi sehingga timbul banyak virus dan bakteri lain yang menimbulkan infeksi atau bahkan penyakit lain yang lebih parah.

  • Mengalami hipertensi

Hal ini akan terjadi pada pendonor maupun penerima ginjal jika diantara keduanya tidak bisa menjaga pola makan dan pola hidup dengan baik setelah melakukan operasi ginjal tersebut. Kemungkinan besar risiko hipertensi ini akan sering terjadi karena hilangnya satu organ ginjal dari dalam tubuh akan membuat aliran darah menuju tubuh meningkat naik menjadi dua kali lebih cepat dibanding ketika memiliki dua ginjal dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena darah yang diproduksi tidak tersaring baik hanya dengan satu ginjal.

  • Adanya penolakan terhadap ginjal baru yang diterima pasien

Penolakan ginjal baru ini merupakan akibat dari ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh untuk beradaptasi dalam menerima posisi organ ginjal yang baru. Dampak ini masih bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang diberikan oleh dokter kepada pasien. Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

Banyaknya penderita gagal ginjal yang mengambil tindakan transplantasi dalam menyembuhkan penyakit ginjal yang dideritanya, membuat timbul pertanyaan dari masyarakat lain tentang bahaya atau tidakkah tindakan transplantasi yang dilakukan tersebut?

Beberapa risiko transplantasi ginjal yang berlangsung dalam jangka panjang, diantaranya :

Waspada Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

  • Timbulnya penyakit diabetes yang menjadi risiko umum bagi penderita gagal ginjal

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa membahayakan jika tidak segera diatasi dengan melakukan beberapa upaya pencegahan dalam mengobatinya. Penyebab dari timbulnya penyakit diabetes ini yaitu karena tingginya kadar gula yang terdapat dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi akan menimbulkan kerusakan pada fungsi ginjal yang berperan sebagai penyaring kecil darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh.

  • Komplikasi dari konsumsi immunosuppressant

Immunosuppressant merupakan obat khusus yang diberikan dokter kepada pasien pasca melakukan transplantasi ginjal untuk menghindari adanya penolakan terhadap organ ginjal yang baru. Obat ini bisa mengatasi kondisi imunitas tubuh yang menyerang ginjal baru. Namun jika pengkonsumsian dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan beberapa komplikasi umum seperti infeksi ginjal, tekanan darah tinggi, pengeroposan tulang dan lain sebagainya.

  • Timbulnya penyakit kanker ganas

Kanker merupakan risiko transplantasi yang paling berbahaya dari semua risiko yang terjadi. Hal ini karena kanker merupakan penyakit pertama yang mematikan di dunia. Selain itu, jaringan sel kanker yang telah merambat ke seluruh tubuh akan mematikan seluruh fungsi organ, sehingga tidak akan ada lagi aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing organ dalam meningkatkan kualitas tubuh orang tersebut. Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal

Setelah mengetahui banyaknya risiko yang akan ditimbulkan dari tindakan transplantasi ginjal ini, alangkah baiknya bagi anda yang menderita gagal ginjal melakukan terapi pengobatan alternatif menggunakan obat tradisional tanpa efek samping. Kunjungi link kami disamping untuk mengetahui informasi yang lebih lanjut, http://obatgagalginjalalami.gseajellygamat.com .

Itulah beberapa bahaya melakukan transplantasi ginjal yang harus anda waspadai. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas, bisa memberikan banyak manfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai bertemu di lain kesempatan dengan informasi kesehatan yang baru.

Bijaklah Dalam Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Yang Anda Derita Dengan Menghindari Transplantasi Ginjal Yang Akan Menimbulkan Bahaya!!!

Artikel Terkait :

Posted By :

Bahaya Melakukan Transplantasi Ginjal 

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Olahraga Sederhana Yang Baik Untuk Penderita Gagal Ginjal - OBAT GAGAL GINJAL ALAMI TANPA CUCI DARAH
  2. Pengobatan Gagal Ginjal Kronis Alami - OBAT GAGAL GINJAL ALAMI TANPA CUCI DARAH

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*